Kamis, 23 Januari 2014

Membuat ID Card Dengan Photoshop

Kali ini saya akan shering tentang bagaimana cara sederhana dan mudah membuat ID Card atau tanda pengenal dengan menggunakan Photoshop, dan  ini pengalaman saya sendiri membuat Id card dengan rips yang sederhana dan tidak sulit bagi sahabat yang baru belajar desain, mungkin dari sahabat yang mendapat tugas untuk membuat tanda pengenal dari kantor lebih bagus untuk mengikuti tutorial ini :)
Untuk langkah pertama didalam membuat tanda pengenal adalah menentukan ukuran sebagai acuan didalam kita membuat sebuah desain tanda pengenal, jadi kita harus mengetahui ukurannya terlebih dahulu
Untuk hasil akhir dari tanda pengenal yang kita buat adalah seperti berikut:
ID card
Kemudian buat file baru di Photoshop masukan ukuran dan resolusi seperti pada gambar dibawah:
id card
Masukan gambar backround yang telah kita download sebelumnya, atau sahabat dapat membuat sendiri backround dari ID card yang sesuai dengan keinginan, kemudian pindahkan gambar backround tersebut ke area kanvas.
id card
Tampak gammbar backround sudah masuk pada area kanvas yang akan digunakan didalam desain tada pengenal.
id card
Masukan Guideline atau garis pembantu dengan cara Tarik Guideline dari pojok kanvas dari samping ruller ke arah tengah sehingga terdapat empat garis pembantu, sehingga akan mempermudah didalam memasukan keterangan teks dan foto, seperti pada gambar dibawah.
id cad
Buat objek kotak dengan ricetagle tool di tengah-tengah dengan warna putih agar mudah untuk kita lihat dan untuk sebagai acuan untuk nantinya yang akan kita memasukan foto.
id card
Masukan teks atau logo dari perusahaan  kita yang akan kita gunakan posisi di atas.
id card
Pada teks masukan blending option+stroke untuk memperindah dan memberikan efek pada teks dengan objek yang mengelilingi teks yang kita buat.
id card
Masukan juga Gradient Overlay dengan parameter sebagai berikut.
id card
Tampilan setelah kita masukan blending overlay pada teks, sehingga akan terlihat lebih menarik.
id card
Dan langkah terakhir dengan memasukan foto dengan posisi di tengah tanda pengenal.
id card
Kemudian masukan blending option + Bevel and emboss pada Foto agar terlihat tampak foto 3D, dengan parameter sebagai berikut.
id card
Hasil akhir dari desain Id card yang kita buat, ada beberapa contoh dengan backround yang berbeda seperti pada gambar di bawah ini, sahabat dapat merubah sesuai dengan kreatifitas masing-masing.
ID card ID card
ID cardID card
Setelah selesai tinggal kita bawa hasil desain ini di tempat percetakan, dan tinggal tunggu setelah selesai cetak id card selesai sudah bisa di pakai langsung :) Semoga dapat bermanfaat.

5 komentar:

  1. kerreen tutorialnya...trimakasih gan ;-) mampir juga ke web ane yaah http://stokis-hpai.com/

    BalasHapus
  2. mantepppp gan ...!!!! lagi....cari beberapa tutorial berbeda tentang
    cara membuat id card di photoshop

    BalasHapus
  3. Kagak kekecilan itu bang kalo di print,

    BalasHapus

  4. Permisi gan mau share informasi brg x ada yg membutuhkan untuk visitor lainnya, bagi yg mau membuat desain tp tdk memiliki skill desain Anda bisa menghubungi Adconomic pilih jasa desain grafis pada menu bar atau footer website.
    Atau ada yg membutuhkan jasa iklan online pada social media atau jasa website silahkan kunjungi link berikut:
    jasa iklan facebook ads
    jasa iklan instagram ads
    jasa promosi instagram
    jasa iklan google adwords
    jasa social media
    jasa digital marketing
    jasa pembuatan website toko online
    Sallam & terima kasih Gan, Semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan.

    BalasHapus
  5. Misi Admin mau share info mungkin dr visitor ada yg membutuhkan info berikut.
    Bagi anda yang sedang membutuhkan jasa maket phubungi maket creator untuk mengetahui layanan pembuatan maket yang ada. Maket Creator melayani jasa maket atau miniayur diorama dan diecast kunjungi web nya di: https://maketcreator.com/.
    Dan jika ada yang menggemari olahraga Airsoft Gun anda bisa berkunjung pada web GokilGun.com atau bisa di cari di Google dgn keyword jual airsoft gun jakarta. Serta kunjungi web Cacingnaga bagi anda yang gemar bermain slot online atau bisa di cari di Google dgn keyword agen slot

    BalasHapus