Kamis, 23 Januari 2014

Fotografi, Foto Editing, Disain Grafis

Sekedar rileks, meregangkan otot-otot penyokong otak sejenak, setelah rada-rada tegang memikirkan hal-hal yang “nggak perlu” (politik) menurut sebagian orang sih…. Sekarang saatnya untuk membuat artikel yang rada-rada ringan dan sedikit narsis ^_^
Salah satu hobi yang paling saya sukai adalah kegiatan fotografi dan disain grafis.
Kegiatan yang telah saya minati semenjak SD dahulu, hingga sekarang cukup mahir menggunakan kamera digital, software yang terbaik di dunia untuk foto editing, Adobe Photoshop, dan Corel Draw untuk disain grafis (versi saya tentunya hehehe…. eh gak juga ding, banyak juga para profesional kelas dunia yang mengakuinya).
Bahkan saya sempat bekerja di bidang ini bebera bulan.
Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya, entah kenapa saya benar-benar tidak berminat menjadikannya sebagai profesi utama. Cukuplah saya jadikan sebagai keahlian untuk frilans-frilans-nan (maaf, maksa kata nih hihihi…)
Ok, mengapa saya katakan terbaik di dunia?
Penggunaannya dan fitur-fitur yang relatif mudah dipahami, trik-trik yang sangat bervariasi, friendly user, dibandingkan dengan software-software sejenis seperti Corel Paint, Xara Photo dan Ulead Photo Impact untuk photo editing, dan dengan Xara Designer dan Adobe Ilustrator untuk graphic design.
Well… berikut ini beberapa hasil karya saya, yang pernah saya gunakan untuk ilustrasi dalam pelatihan kelompok mahasiswa Universitas Sumatera Utara peminat fotografi sains, yaitu Bengkel Fotografi Sains (karya-karya kelompok anak-anak mahasiswa yang sangat berbakat ini bisa dilihat di artikel ini, “Bengkel Fotografi Sains (BFS), Grup Muda Penggiat Fotomikrografi Sains”).
13782912541239118525
1. Sebelum di edit - Unknown Photographer.
1378291697389777328
2. Setelah direkayasa - Unknown Photographer
Mengingat saya memahami benar dunia edit mengedit foto (dan juga video), saya biasanya langsung skeptis dengan “foto-foto ajaib, fenomenal atau sangat mengejutkan”, misalnya foto no. 2 danno. 4, dan relatif mudah menebak apakah suatu foto hasil rekayasa atau tidak, seperti dalam kasus foto Ani Yudhoyono yang saya bahas dalam artikel ini, “Foto Aira @aniyudhoyono Instagram, Asli atau Rekayasa?”.
1378292070240802559
3. Sebelum di edit - Foto Rahmad Agus Koto
13782921132116771090
4. Setelah diedit - Foto Rahmad Agus Koto
13782922102123668808
5. Karya Menggunakan Kombinasi Adobe Photoshop dan Corel Draw
137829228123187863
6. Karya Menggunakan Kombinasi Adobe Photoshop dan Corel Draw
Artikel ini saya dedikasikan buat penggemar fotografi dan desain grafis, khususnya buat anak-anak BFS yang akan mengadakan pelatihan Teknik Fotografi Sains hari Sabtu ini (7 September 2013).
Karya-karya fotografi saya yang lain, silahkan dilihat di artikel ini.
  1. “Teknik Fotografi dan Hasil Bagus Itu Gampang kok, Beneran!”

  2. “Teknik Fotografi Makro dan Hasil Bagus Itu Gampang Kok”

  3. Menguak Rahasia Teknik Fotografer Profesional: Exposure Triangle

  4. Tips Fotografi: Menangkap Ekspresi Anak
Terima kasih teman-teman telah membaca dan menyimak artikel narsis ini, atau mungkin promo yaa hehehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar